Terpopuler

Suatu perkara yang amat besar dan mengerikan

Kisahataupunucapanparaulama.blogspot.com   SEMUA MANUSIA AKAN DIGIRING SESUAI AMALNYA Ayat-ayat Al-Qur'an 1). Allah Azza wa Jalla berfirman : يَوْمَ نَحْشُرُ الْمُتَّقِينَ إِلَى الرَّحْمَٰنِ وَفْدًا • وَنَسُوقُ الْمُجْرِمِينَ إِلَىٰ جَهَنَّمَ وِرْدًا   [مريم : 86-85] "(Ingatlah) hari (ketika) kami mengumpulkan orang-orang bertakwa kepada Allahur-Rahman sebagai perutusan terhormat". "Dan kami akan menghalau orang-orang yang durhaka ke neraka Jahanam dalam keadaan dahaga". (S.19;85-86) 2). Allah Swt berfirman : ........... وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّكُمْ إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ    [البقرة : 203] "Dan bertakwalah kamu kepada Allah, dan ketahuilah bahwa sesungguhnya kamu akan digiring kepada-Nya". (S.2;203) 3). وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَالَ وَتَرَى الْأَرْضَ بَارِزَةً وَحَشَرْنَاهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَدًا   [الكهف : 47] "Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan melihat bumi itu datar dan

Semua makhluk mendengar azab kubur, kecuali jin dan manusia

 

Kisahataupunucapanparaulama.blogspot.com


BINATANG MENDENGAR AZAB KUBUR DAN SANG MAYIT MENDENGAR UCAPAN ORANG HIDUP


Hadits-Hadits Rasulullah Shallallah Alaihi wa Sallam :

1. Dari Anas bin Malik ra, ia bercerita :

Rasulullah Saw. Bersabda :

"Seorang hamba manakala diletakkan dalam liang kubur dan para pengantarnya pulang meninggalkannya, sementara ia mendengar suara terumpah mereka, ia segera didatangi oleh dua malaikat. Setelah ia disuruh duduk, maka ia ditanya oleh keduanya : Apa yang kamu ketahui tentang laki-laki itu (Yakni Muhammad Saw) ?.

Jika ia seorang mukmin, ia akan menjawab : Aku bersaksi bahwa dia adalah hamba Allah dan Rasul-Nya.

Lantas dikatakan kepadanya : Lihatlah tempatmu di neraka. Allah Swt. Telah menggantinya dengan tempat di surga. Maka ia pun melihat keduanya (surga dan neraka).

Ada pun kalau dia seorang munafik atau kafir, maka ketika ditanya : Apa yang kamu ketahui tentang laki-laki itu (Yakni Muhammad Saw) ?, ia akan menjawab : Aahh aku tidak tahu. Aku melihatnya seperti kata orang-orang !. Lalu dikatakan : (jadi), engkau tidak tahu dan tidak pernah baca tentang dia !.

Maka ia pun dipukul dengan palu besi dengan kerasnya sehingga ia menjerit sejadi-jadinya yang didengar oleh semua makhluk disekitarnya kecuali jin dan manusia!". (Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim)


2. Dari Ummu Mubasysyir radhiyallah Anha, ia berkata :

"Suatu hari Rasulullah Saw. Mendatangiku di pekarangan Bani Najjar yang penuh dengan kuburan mereka yang mati pada Zaman Jahiliah.

Ketika akan pulang, Beliau berpesan : Berlindunglah kamu kepada Allah dari azab kubur !.

Maka aku bertanya : Wahai Rasulullah, apakah mereka sedang disiksa ?.

Rasulullah Saw. Menjawab : Yah, dengan siksaan yang dapat di dengar oleh binatang-binatang". (Diriwayatkan oleh Ahmad dari Jabir dari Ummi Mubasysyir ra)


3. Imam Muslim meriwayatkan sebagai berikut :

"Ketika Nabi Saw. Berada di pagar pekarangan Bani Najjar, tiba-tiba unta yang ditungganginya mogok dan menjadi binal hingga nyaris menjatuhkan Rasulullah Saw. Ternyata tempat tersebut adalah pemakaman.

Kuburan siapakah itu ?, Tanya Rasulullah Saw.

Para sahabat ra, menyahut : kuburan orang-orang yang mati dalam keadaan musyrik !.

Rasulullah Saw. Bertutur : Ummat ini akan menjumpai fitnah kubur !. Andai kamu tidak akan dikubur, pasti Aku memohon kepada Allah untuk memperdengarkan kepadamu azab kubur yang aku dengar !". (Diriwayatkan oleh Muslim)


4. Sebuah hadits menyebutkan :

لَوْسَمِحَ أَحَدُكُمْ ضَرْبَةَالْمَلَكِ لِلْمَيِّتِ بِمَقَامِحَ مِنْ حَدِيْدٍلَمَاتَ .

" Andai salah seorang diantara kamu mendengar pukulan malaikat kepada mayit dengan gada besi, niscaya ia mati !". (Disebutkan oleh Imam Qurthubiy)


5. Sebuah hadits marfu menyebutkan sebagai berikut :

"Tidaklah seseorang melewati kuburan seorang muslim yang dikenalnya didunia lalu ia beruluk salam kepadanya, melainkan  ia mengetahuinya dan menjawab salamnya !". (Dishahihkan oleh Allamah Abdul-Haq seperti dituturkan Imam Qurthubiy)


6. Disebutkan dalam sebuah riwayat Shahih sebagai berikut :

"Rasulullah Saw. Pernah berdiri dihadapan mayit-mayit kaum musrikin yang mati dalam peperangan badar, seraya berseru : Hai fulan bin fulan.... Hai fulan bin fulan... Tiadakah kalian jumpai kebenaran apa yang dijanjikan oleh Allah dan Rasul-Nya ?. Ketahuilah bahwa aku telah menjumpai kebenaran hal itu !. Maka Umar bin Khatthab ra menukas : Wahai Rasulullah, bagaimana mungkin engkau mengajak bicara tubuh yang tidak bernyawa itu ?.

Rasulullah menjawab : kalian tidak lebih mendengar dari pada mereka terhadap apa yang aku ucapkan, hanya saja mereka tidak dapat menjawab sedikitpun !.

Kemudian Rasulullah Saw. Menyuruh agar mereka diseret dan di lempar ke sumur Badar !". (Diriwayatkan oleh Muslim Al Hafizh Ibnu Rajab menyebutkan bahwa hadits ini riwayat Bukhari dan Muslim dari Anas dari Abu Thalhah juga Ibnu Umar)



Ucapan para Sahabat ra :

Bara bin Azib ra berkata :

"Jika seorang kafir diletakkan dalam kubur, maka ia segera didatangi oleh seekor binatang yang matanya bagaikan kuali dari tembaga. Padanya terdapat tongkat besar dari besi. Dengannya ia memukuli si kafir itu dengan pukulan yang sangat keras sehingga setiap makhluk yang mendengarnya pasti melaknatnya, dan tidak ada satu makhlukpun melainkan mendengar jeritannya kecuali jin dan manusia!". (Disebutkan oleh Al-Hafizh Ibnu Rajab dengan mengutipnya dari Ibnu Jarir dalam tafsirnya)



Ucapan para Ulama :

Imam Dhahhak menuturkan seperti berikut ini :

"Seorang kafir manakala diletakkan diliang kubur, maka dia dipukuli dengan palu hingga ia menjerit dengan kerasnya sampai didengar oleh semua makhluk kecuali jin dan manusia. Dan setiap makhluk yang mendengarnya akan melaknatnya !". (Disebutkan oleh Al-Hafizh Ibnu Rajab dengan mengutipnya dari Ibnu Jarir dalam tafsirnya) 



Wallahu a'lam bishawab, Hanya Allah yang lebih mengetahui kebenaran yang sesungguhnya.

Postingan populer dari blog ini

Keharusan Taubat dan diterimanya sebelum sekarat

Meminta rahmat-Nya dan meminta setetes dari samudra kasih sayang

Suatu perkara yang amat besar dan mengerikan

Allah akan langsung bertanya dengan seorang hamba tanpa penerjemah

Mahfudzot kata mutiara yang bisa menjadi motivasi

Disambutnya ruh baik dan ruh busuk

Dzikir shalat fardhu

Tentang Su ul khatimah dan hadirnya setan ketika sekarat

Dzikir dzikir pilihan