Terpopuler

Suatu perkara yang amat besar dan mengerikan

Kisahataupunucapanparaulama.blogspot.com   SEMUA MANUSIA AKAN DIGIRING SESUAI AMALNYA Ayat-ayat Al-Qur'an 1). Allah Azza wa Jalla berfirman : يَوْمَ نَحْشُرُ الْمُتَّقِينَ إِلَى الرَّحْمَٰنِ وَفْدًا • وَنَسُوقُ الْمُجْرِمِينَ إِلَىٰ جَهَنَّمَ وِرْدًا   [مريم : 86-85] "(Ingatlah) hari (ketika) kami mengumpulkan orang-orang bertakwa kepada Allahur-Rahman sebagai perutusan terhormat". "Dan kami akan menghalau orang-orang yang durhaka ke neraka Jahanam dalam keadaan dahaga". (S.19;85-86) 2). Allah Swt berfirman : ........... وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّكُمْ إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ    [البقرة : 203] "Dan bertakwalah kamu kepada Allah, dan ketahuilah bahwa sesungguhnya kamu akan digiring kepada-Nya". (S.2;203) 3). وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَالَ وَتَرَى الْأَرْضَ بَارِزَةً وَحَشَرْنَاهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَدًا   [الكهف : 47] "Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan melihat bumi itu datar dan

Semua makhluk akan dihidupkan kembali


Kisahataupunucapanparaulama.blogspot.com



peniupan sangkakala ketiga

 Bangkitnya semua makhluk sesudah peniupan sangkakala yang kedua.


 Allah Azza wa jalla berfirman :

•(1)

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِن كُنتُمْ فِي رَيْبٍ مِّنَ الْبَعْثِ فَإِنَّا خَلَقْنَاكُم مِّن تُرَابٍ ثُمَّ مِن نُّطْفَةٍ ثُمَّ مِنْ عَلَقَةٍ ثُمَّ مِن مُّضْغَةٍ مُّخَلَّقَةٍ وَغَيْرِ مُخَلَّقَةٍ لِّنُبَيِّنَ لَكُمْ ۚ وَنُقِرُّ فِي الْأَرْحَامِ مَا نَشَاءُ إِلَىٰ أَجَلٍ مُّسَمًّى ثُمَّ نُخْرِجُكُمْ طِفْلًا ثُمَّ لِتَبْلُغُوا أَشُدَّكُمْ ۖ وَمِنكُم مَّن يُتَوَفَّىٰ وَمِنكُم مَّن يُرَدُّ إِلَىٰ أَرْذَلِ الْعُمُرِ لِكَيْلَا يَعْلَمَ مِن بَعْدِ عِلْمٍ شَيْئًا ۚ وَتَرَى الْأَرْضَ هَامِدَةً فَإِذَا أَنزَلْنَا عَلَيْهَا الْمَاءَ اهْتَزَّتْ وَرَبَتْ وَأَنبَتَتْ مِن كُلِّ زَوْجٍ بَهِيجٍ    [الحج : 5]

"Hai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebngkitan (dari kubur), maka (ketahuilah) sesungguhnya kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes nuthfah (air mani), kemudian dari alaqah (segumpal darah), kumudian dari mudghah (segumpal daging) yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar kami jelaskan kepada kamu dan kami tetapkan dalam rahim, apa yang kami kehendaki sampai waktu yang telah ditentukan, lalu kami keluarkan kamu sebagai bayi, kemudian (dengan berangsur-angsur) kamu sampai kepada masa dewasa, dan diantara kamu yang usiannya diperpanjangkan hingga pikun supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya ia ketahui. Dan kamu lihat bumi ini kering, kemudian apabila telah kami turunkan air diatasnya, hiduplah bumi itu dan suburlah ia menumbuhkan berbagai macam tumbuh-tumbuhan yang indah" (S.22;5).

ذَٰلِكَ بِأَنَّ اللَّهَ هُوَ الْحَقُّ وَأَنَّهُ يُحْيِي الْمَوْتَىٰ وَأَنَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ   [الحج : 6]

"Yang demikian itu, karena sesungguhnya Allah, Dia-lah yang Hak, dan sesungguhnya Dia-lah yang menghidupkan segala yang mati dan sesungguhnya Allah maha kuasa atas segala sesuatu" (S.22;6).

وَأَنَّ السَّاعَةَ آتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيهَا وَأَنَّ اللَّهَ يَبْعَثُ مَن فِي الْقُبُورِ   [الحج : 7]

"Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tidak ada keraguan padanya. Dan bahwasannya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur" (S.22;7).

•(2)

وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَإِذَا هُم مِّنَ الْأَجْدَاثِ إِلَىٰ رَبِّهِمْ يَنسِلُونَ  [يس : 51]

"Dan ditiuplahsangkakala, maka tiba-tiba mereka keluar dengan segera dari kuburnya (menuju) kepada Rabb mereka" (S.36;51).

قَالُوا يَا وَيْلَنَا مَن بَعَثَنَا مِن مَّرْقَدِنَا ۜ ۗ هَٰذَا مَا وَعَدَ الرَّحْمَٰنُ وَصَدَقَ الْمُرْسَلُونَ   [يس : 52]

"Mereka berkata : Aduhai celakalah kami ! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat tidur kami (kubur) ?. Inilah yang dijanjikan (Tuhan) yang Maha Pemurah dan benarlah Rasul-Rasul-(Nya)" (S.36;52).

•(3)

..........ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَىٰ فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنظُرُونَ   [الزمر : 68]

"Kemudian ditiuplah sangkakala itu sekali lagi, maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing)" (S.39;68).

•(4)

وَقَالَ الَّذِينَ كَفَرُوا لَا تَأْتِينَا السَّاعَةُ ۖ قُلْ بَلَىٰ وَرَبِّي لَتَأْتِيَنَّكُمْ عَالِمِ الْغَيْبِ ۖ لَا يَعْزُبُ عَنْهُ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ فِي السَّمَاوَاتِ وَلَا فِي الْأَرْضِ وَلَا أَصْغَرُ مِن ذَٰلِكَ وَلَا أَكْبَرُ إِلَّا فِي كِتَابٍ مُّبِينٍ  [سبإ : 3]

"Dan orang-orang kafir berkata : - Hari berbangkit tidak akan datang kepada kami -, katakanlah : pasti datang, demi Rabb Yang Mengetahui yang ghaib, sesungguhnya kiamat itu pasti akan datang kepadamu. Tak ada yang tersembunyi dari padanya seberat zarrah pun yang ada di langit dan yang ada di bumi tidak ada (pula) yang lebih kecil dari itu juga yang lebih besar, melainkan tersebut dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfizh)" (S.34;3).

•(5)

زَعَمَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَن لَّن يُبْعَثُوا ۚ قُلْ بَلَىٰ وَرَبِّي لَتُبْعَثُنَّ ثُمَّ لَتُنَبَّؤُنَّ بِمَا عَمِلْتُمْ ۚ وَذَٰلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ  [التغابن : 7]

"Orang-orang yang kafir menyangka bahwa mereka sekali-kali tidak akan dibangkitkan. Katakanlah : tidak demikian, demi Tuhanku, benar-benar kamu akan dibangkitkan, kemudian akan diberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. Yang demikian itu adalah mudah bagi Allah" (S.64;7).

  •(6)

وَاسْتَمِعْ يَوْمَ يُنَادِ الْمُنَادِ مِن مَّكَانٍ قَرِيبٍ  [ق : 41]

"Dan datanglah (seruan) pada hari penyeru (malaikat) menyeru dari tempat yang dekat" (S.50;41).

يَوْمَ يَسْمَعُونَ الصَّيْحَةَ بِالْحَقِّ ۚ ذَٰلِكَ يَوْمُ الْخُرُوجِ  [ق : 42]

"(Yaitu) pada hari mereka mendengar teriakan dengan sebenar-benarnya, itulah hari keluar (dari kubur)" (S.50;42).


Hadis-hadis Rasulullah Shallallah  Alaihi wa Sallah :

"Pada hari kiamat manusia seluruhnya mati, dan aku adalah orang yang pertama kali bangkit (dari kubur). Ternyata kudapati musa memegang satu tiang Arasy ....." (Hadis Muttafaq Alaih seperti dituturkan oleh syeikh Al-Albani dalam takhrij hadits syarah Aththahawiyah)

Dalam hadits marfu juga disebutkan :
"Malaikat peniup sangkakala berada di antara langit dan bumi untuk meniupnya sehingga tidak ada makhlukpun dilangit dan dibumi melaikan semuanya mati, kecuali yang dikehendaki Allah. Dan tidak ada satupun dari manusia yang utuh selain tunggirnya. Lalu Allah Swt. Mengirim Air dari bawah Arasy seperti air mani pria. Dengannya tumbuhlah badan dan daging mereka seperti tumbuhnya bumi dari abu. Setelah itu malaikat peniup sangkakala berdiri diantara langit dan bumi untuk meniupnya sekali lagi. Maka setiap jiwa kembali ke jasadnya sehingga merekapun bangkit dari kubur dan serentak menyambut teriakan". (Disebutkan oleh Al-Qurthubi. Ibnu Abil-Izz Al-Hnafi dalam syarah Aqidah Thahawiyah menyebutkan hadits yang mirip dengan ini yang di komentari oleh syeikh Al-Albaniy sebagai hadits dh'if yang ditakhrijkan oleh Thabarani. Syeikh Al-Albaniy berkata Hadits ini juga ditakhrijkan oleh Hakim dan ia menilai shahih dengan syarat Bukhari dan Muslim, tetapi Al-Hafizh Adz-Dzahabiy menolaknya,karena Abuz-Za'ra itu munqathi. Demikian dalam syarah Aqidah Thahawiyah)

Ucapan sahabat :
• ibnu umar ra. Bercerita : "suatu hari Rasulullah Shallallah Alaihi wa Sallam keluar rumah dengan tangan kanan menggandeng umar. Lantas beliau bertutur : seperti inilah kami dibangkitkan pada hari kiamat" (Disebutkan oleh imam Al Qurthubiy)

Ucapan ulama :
•Abu Ja'far Ath-Thahawiy mengatakan sebagai berikut :  "kita beriman kepada ba'ats (kebangkitan manusia dari kubur), beriman kepada pembalasan amal pada hari kiamat, juga kepada Ardh (pemaparan Amal) dan hisab, pembacaan kitab, pahala dan siksa" (disebutkan dalam syarah Aqidah Thahawiyah)

Postingan populer dari blog ini

Semua makhluk mendengar azab kubur, kecuali jin dan manusia

Keharusan Taubat dan diterimanya sebelum sekarat

Meminta rahmat-Nya dan meminta setetes dari samudra kasih sayang

Allah akan langsung bertanya dengan seorang hamba tanpa penerjemah

Suatu perkara yang amat besar dan mengerikan

Mahfudzot kata mutiara yang bisa menjadi motivasi

Dzikir dzikir pilihan

Disambutnya ruh baik dan ruh busuk

Dzikir shalat fardhu

Tentang Su ul khatimah dan hadirnya setan ketika sekarat