Terpopuler

Suatu perkara yang amat besar dan mengerikan

Kisahataupunucapanparaulama.blogspot.com   SEMUA MANUSIA AKAN DIGIRING SESUAI AMALNYA Ayat-ayat Al-Qur'an 1). Allah Azza wa Jalla berfirman : يَوْمَ نَحْشُرُ الْمُتَّقِينَ إِلَى الرَّحْمَٰنِ وَفْدًا • وَنَسُوقُ الْمُجْرِمِينَ إِلَىٰ جَهَنَّمَ وِرْدًا   [مريم : 86-85] "(Ingatlah) hari (ketika) kami mengumpulkan orang-orang bertakwa kepada Allahur-Rahman sebagai perutusan terhormat". "Dan kami akan menghalau orang-orang yang durhaka ke neraka Jahanam dalam keadaan dahaga". (S.19;85-86) 2). Allah Swt berfirman : ........... وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّكُمْ إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ    [البقرة : 203] "Dan bertakwalah kamu kepada Allah, dan ketahuilah bahwa sesungguhnya kamu akan digiring kepada-Nya". (S.2;203) 3). وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَالَ وَتَرَى الْأَرْضَ بَارِزَةً وَحَشَرْنَاهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَدًا   [الكهف : 47] "Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan melihat bumi itu datar dan

Kata kata Motivasi

Kata-kata mutiara

Kata-kata motivasi

Kata-kata bijak

Kata-kata Penyejuk hati

Kisahataupunucapanparaulama.blogspot.com


Selama manusia hidup, kita akan terus menghadapi masalah di sekelilingnya. Bagi umat muslim, masalah yang datang bisa berarti ujian dari Allah Swt. Jika mampu melewati masalah tersebut, maka kita akan mendapat kedudukan yang tinggi di sisi-Nya. Namun ada kalanya, kita merasa beban tersebut terlampau berat. Sedangkan semua kerisauan tak kunjung usai. Dalam keadaan seperti itu, Nabi telah memberikan contoh untuk senantiasa ikhtiar dan tawakal.

Ikhtiar dengan berusaha dan tawakal dengan berdoa serta menyerahkan hasilnya kepada Allah Swt.

Tak hanya itu, para tokoh Islam seperti sahabat dan ulama pun turut memberikan nasihat yang menginspirasi. Kata-kata bijak mereka juga banyak dikutip dan dijadikan motivasi. Ada pula kata-kata bijak dari tokoh Islam ini yang dinilai relevan dengan kehidupan. Inilah kata-kata bijak dari berbagai sumber tokoh Islam yang inspiratif dan menyejukkan hati.

Berikut ini kata-kata bijak para ulama dunia, inspiratif dan menyentuh hati,

Kisahataupunucapanparaulama.blogspot.com


Semoga menyejukkan hati para pembaca, bisa menjadi motivasi, dan semoga bermanfaat.


• Tentang Ibadah dan mengingat Allah

"Belajarlah Alquran, niscaya kamu tertuntun ke jalan yang benar, dan berbuatlah kebajikan sesuai dengan Alquran, niscaya kamu menjadi ahlinya". (Umar bin Khattab)

"Jagalah Alquran, jangan kalian didahului orang dalam mengamalkannya". (Ali bin Abi Thalib)

"Jika Allah bersamamu, maka jangan takut kepada siapa saja. Akan tetapi jika Allah sudah tidak lagi bersamamu, maka siapa lagi yang bisa diharapkan olehmu". (Hasan Al-Banna)

"Jiwa Muhammad penuh kebaikan, pengaruhnya membekas dan takkan terlupakan oleh orang-orang yang mengenalnya". (Diwan Chand Sharma, The Prophet of the East)

"Menyampaikan shalawat dan salam kepada Rasulullah SAW, membantu menghilangkan kesulitan dan melenyapkan segala cemas". (Dr. Aidh Al-Qarni)

"Rasulullah sangat piawai memperingatkan manusia, bahwa lawan rohani mereka bukan musuh yang memakai senjata tajam, tetapi hawa nafsu yang melekat di dalam diri". (Jalaluddin Rumi)

"Tempat terbitnya cahaya ilahi adalah hati dan relung batin". (Ibnu Athaillah)

"Nabi umat islam mempersatukan berbagai bangsa dengan mendasarkan prinsip kesatuan internasional dan persaudaraan manusia pada landasan universal. Dia seolah menerangi bangsa-bangsa lain". (Prof. S. Hurgronje)

"Wahai anak Adam, juallah duniamu untuk akhiratmu, niscaya kamu untung di keduanya. Dan janganlah kamu jual akhiratmu untuk duniamu, karena kamu akan rugi di keduanya. Singgah di dunia ini sebentar, sedang tinggal di akhirat sana sangatlah panjang". (Hasan Al-Bashri)

"Wahai anakku, ambillah harta dunia sekadar keperluanmu saja dan nafkahkanlah selebihnya untuk bekal akhiratmu". (Luqman Al-Hakim)

"Menghindarkan telinga dari mendengar hal-hal yang tidak baik merupakan suatu keharusan, sebagaimana seseorang mensucikan tutur katanya dari ungkapan buruk". (Imam Syafii)

"Bila engkau pulang ke alam baka, tidak membawa bekal takwa, kau lihat orang-orang membawanya pada hari perhimpunan. Engkau akan menyesal, karena engkau tidak seperti mereka. Mereka mempunyai persiapan sedang engkau tidak memilikinya". (Ibnu Qayyim)

"Jika engkau bertakwa kepada Allah, maka engkau tidak butuh kepada manusia. Sedang apabila engkau takut kepada manusia, mereka tidak dapat memenuhi kebutuhanmu kepada Allah sedikit pun". (Sufyan Ats-Tsauri)

"Jika semua orang menjauh ketika engkau mendapat kesulitan, maka ketahuilah bahwa Allah SWT ingin membuatmu kuat dan Ia akan menjadi penolongmu". (Imam Syafi'i)



• Tentang kehidupan

"Ketika kamu memperlakukan orang dengan baik, orang-orang yang sama itu mungkin tidak memperlakukanmu dengan cara yang sama. Tetapi jika kamu memperhatikan, kamu akan melihat bahwa Allah telah mengirim orang lain yang memperlakukanmu dengan lebih baik". (Omar Suleiman)

"Banyak orang yang telah meninggal, tapi nama baik mereka tetap kekal. Dan banyak orang yang masih hidup, tapi seakan mereka orang mati yang tak berguna". (Imam Syafi'i)

"Dan jiwamu, jika tidak kau sibukkan di dalam kebenaran maka ia akan menyibukkanmu dalam kebathilan". (Imam Syafi'i)

"Di antara tanda matinya hati, adalah tidak adanya perasaan sedih atas kesempatan beramal yang engkau lewatkan dan tidak adanya penyesalan atas pelanggaran yang engkau lakukan". (Ibnu Athaillah)

"Dunia ini hanya memiliki tiga hari : Hari kemarin, ia telah pergi bersama dengan semua yang menyertainya. Hari esok, kamu mungkin tak akan pernah menemuinya. Hari ini, itulah yang kamu miliki, maka beramallah di hari ini". (Hasan al Bashri)

"Hidup ini terlalu singkat untuk mengejar sesuatu yang tidak membawa kita semakin dekat dengan surga". (Boona Mohammed)

"Hiduplah sebagaimana semaumu, tetapi ingat, bahwa engkau akan mati. Dan cintailah siapa yang engkau sukai, namun ingat, engkau akan berpisah dengannya. Dan berbuatlah seperti yang engkau kehendaki, namun ingat, engkau pasti akan menerima balasannya nanti". (Imam Ghazali)

"Iman itu ialah dipercaya dalam hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan perbuatan". (HR. Ibnu Majah)

"Jalanilah kehidupan di dunia ini tanpa membiarkan dunia hidup di dalam dirimu, karena ketika perahu berada di atas air, ia mampu berlayar dengan sempurna, tetapi ketika air masuk ke dalamnya, perahu itu tenggelam". (Ali bin Abi Thalib)

"Jangan terlalu bergantung pada siapa pun di dunia ini. Karena bayanganmu saja akan meninggalkanmu di saat gelap". (Ibnu Taymiyyah)

"Kehidupan dunia dan akhirat di hati seorang manusia ibarat dua skala keseimbangan, ketika salah satunya menjadi berat, maka yang lain akan menjadi ringan". (Amribn Abdullah)

"Kehidupan itu cuma dua hari. Satu hari untukmu dan satu hari melawanmu. Maka pada saat ia untukmu, jangan bangga dan gegabah dan pada saat ia melawanmu bersabarlah. Karena keduanya adalah ujian bagimu". (Ali bin Abi Thalib)

"Lidah seseorang dapat menggambarkan bagaimanakah hatinya". (Ibnu Qayyim)

"Memangnya kenapa jika hidup ini tidak sempurna? Hidup ini bukanlah surga". (Nouman Ali Khan)

"Perumpamaan hati seperti bulu di tengah padang pasir yang dibolak-balikkan angin". (HR. Ibnu Majah)

"Terkadang Allah membiarkan kamu untuk merasakan kepahitan dunia ini supaya kamu dapat sepenuhnya menghargai manisnya iman". (Omar Suleiman)

"Barang siapa belum merasakan pahitnya belajar walau sebentar, maka akan merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya". (Imam Syafi'i)

"Betapa banyak kegetiran dan kesulitan yang dialami, yang bisa memalingkan jalan ibadah. Kecuali untuk orang-orang yang bersabar dan selalu istiqomah". (Erick Yusuf)

"Jika terdapat banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, maka mulailah dari yang terpenting dan mendesak". (Imam Syafi'i)

"Orang berilmu pengetahuan ibarat gula yang mengundang banyak semut. Dia menjadi cahaya bagi diri dan sekelilingnya". (Abdullah Gymnastiar)



• Kata-kata bijak yang penuh makna

"Silahkan hina diriku sepuas kalian, aku akan tetap diam saja. Bukannya aku tidak punya jawaban, tapi singa selalu tidak akan membalas gonggongan anjing". (Imam Syafi'i)

"Aku sudah pernah merasakan semua kepahitan dalam hidup dan yang paling pahit ialah berharap kepada manusia". (Ali bin Abi Thalib)

"Orang yang paling aku sukai adalah dia yang menunjukkan kesalahanku". (Umar bin Khattab)

"Banyak orang yang mengatakan bahwa mencintai wanita itu sangat menyiksa. Tapi, sebenarnya yang sangat menyiksa itu adalah mencintai orang yang tidak mencintaimu". (Imam Syafi'i)

"Yang paling besar di bumi ini bukan gunung dan lautan, melainkan hawa nafsu yang jika gagal dikendalikan maka kita akan menjadi penghuni neraka". (Abu Hamid Al Ghazali)

"Cobaan hidupmu bukanlah untuk menguji kekuatan dirimu, tapi menakar seberapa besar kesungguhan dalam memohon pertolongan kepada Allah". (Ibnu Qoyyim)

"Janganlah engkau mengucapkan perkataan yang engkau sendiri tak suka mendengarnya jika orang lain mengucapkannya kepadamu". (Ali bin Abi Thalib)

"Orang yang tidak dapat menguasai matanya maka hatinya tidak ada harganya". (Umar bin Khattab)

"Hiduplah kamu bersama manusia sebagaimana pohon yang berbuah, mereka melemparinya dengan batu, tetapi ia membalasnya dengan buah". (Abu Hamid Al Ghazali)

"Kebaikan itu ada di lima perkara, yaitu kekayaan hati, bersabar atas kejelekan orang lain, mengais rezeki yang halal, taqwa, dan yakin akan janji Allah Swt". (Imam Syafi'i)

"Barang siapa menyalakan api fitnah, maka dia sendiri yang akan menjadi bahan bakarnya". (Ali bin Abi Thalib)

"Sesungguhnya seorang mukmin adalah penanggung jawab atas dirinya karena hendaknya ia senantiasa menginstrospeksi diri karena Allah semata". (Hasan Al Bashri)

"Menuntut ilmu adalah takwa. Menyampaikan ilmu adalah ibadah. Mengulang-ulang ilmu adalah zikir. Mencari ilmu adalah jihad". (Abu Hamid Al Ghazali)

"Pengetahuan yang baik adalah yang memberikan manfaat, bukan yang hanya diingat". (Imam Syafi'i)

"Pilar kepemimpinan itu ada lima, yakni perkataan yang benar, menyimpan rahasia, menepati janji, senantiasa memberi nasihat, dan menunaikan amanah". (Imam Syafi'i)

"Barang siapa yang menginginkan kejernihan hatinya, hendaknya ia lebih mengutamakan Allah daripada menuruti berbagai keinginan hawa nafsunya". (Ibnu Qoyyim Rahimahullah)

"Angin tidak berhembus untuk menggoyangkan pepohonan, melainkan menguji kekuatan akarnya". (Ali bin Abi Thalib)

"Hidup menjadi gelisah ketika kita terbiasa berandai-andai dalam menyikapi persoalan hidup". (Aa Gym)

"Hadapi kawan atau musuhmu itu dengan wajah yang menunjukkan kegembiraan, kerelaan penuh kesopanan dan ketenangan. Jangan menampakkan sikap angkuh dan sombong". (Abu Hamid Al Ghazali)

"Siapa yang memberi nasihat saudaranya di tempat yang sunyi, maka ia telah melakukan perbaikan pada dirinya. Barang siapa yang memberi nasihat saudaranya di tempat keramaian, sesungguhnya ia membuka aib dan menghianatinya". (Imam Syafi'i)

"Menangislah pada waktu sendiri agar Allah memperhatikanmu, sehingga Dia mengasihi air matamu dan kamu termasuk orang yang beruntung".  (Hasan Al Bashri)

"Menggebunya semangat tak akan mampu menerobos benteng takdir". (Ibnu Athaillah)

"Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik". (Ali bin Abi Thalib)

"Ilmu itu kehidupan hati daripada kebutaan, sinar penglihatan daripada kezaliman, dan tenaga badan daripada kelemahan". (Abu Hamid Al Ghazali)

"Berpikirlah sebelum menentukan suatu ketetapan, atur strategi sebelum menyerang, dan musyawarahkan terlebih dahulu sebelum melangkah maju ke depan". (Imam Syafi'i)

"Kenalkan rasa kasih sayang dalam hati saudaramu dengan cara memperkenalkannya terlebih dahulu di dalam hatimu". (Muhammad Al Baqir)

"Apabila akal tidak sempurna maka kurangilah berbicara". (Ali bin Abi Thalib)

"Empat hal yang menghambat datangnya rezeki adalah tidur di waktu pagi, sedikit sholat, malas-malasan, dan berkhianat". (Ibnu Qayyim)

"Marahnya orang yang mulia bisa terlihat dari sikapnya, dan marahnya orang yang bodoh terlihat dari ucapan lisannya". (Imam Syafi'i)

"Jangan biarkan hati Anda mendapatkan kesenangan dengan pujian dari orang lain atau Anda akan sedih dengan kecaman mereka". (Abu Hamid Al Ghazali)

"Apabila sesuatu yang kau senangi tidak terjadi maka senangilah apa yang terjadi". (Ali bin Abi Thalib)

"Beruntunglah orang-orang yang mengetahui kekurangan dirinya lebih banyak daripada yang diketahui manusia (orang lain)".

"Jika Anda jengkel terhadap setiap gesekan, bagaimana cermin Anda akan dipoles". (Jalaluddin Rumi)

"Jangan terpesona dengan kehidupanmu di dunia sehingga meninggalkan kehidupan akhirat". (Imam Syafi'i)

"Carilah teman untuk menenangkan hati dan pikiran, maka perhatikanlah baik-baik tentang keselamatanmu dan kesejahteraannya". (Abu Hamid Al Ghazali)

"Kemarin saya pintar, jadi saya ingin mengubah dunia. Hari ini saya bijaksana, jadi saya mengubah diri saya sendiri". (Jalaluddin Rumi)

"Kesabaran adalah akhlak mulia, yang dengannya setiap orang dapat menghalau segala rintangan". (Imam Syafi'i)

"Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah tenang dan sabar". (Umar bin Khattab)

"Saran itu mudah, yang sulit adalah menerimanya, karena itu pahit dalam rasa". (Abu Hamid Al Ghazali)

"Bila kau cemas dan gelisah akan sesuatu, masuklah ke dalamnya sebab ketakutan menghadapinya lebih menganggu daripada sesuatu yang kau takuti sendiri". (Ali bin Abi Thalib)

"Pekerjaan terberat itu ada tiga, yakni sikap dermawan di saat dalam keadaan sempit, menjauhi dosa di kala sendiri, serta berkata benar di hadapan orang yang ditakuti". (Imam Syafi'i)



• Tentang cinta

"Aku mencintaimu karena agama yang ada padamu. Jika kau hilangkan agama dalam dirimu, maka hilanglah cintaku padamu". (Imam An Nawawi)

"Betapa beruntungnya mereka yang mencintai Allah. Mereka tidak akan pernah berpisah dengan kekasih mereka". (Dr. Bilal Philips)

"Benar, mencintai makhluk itu sangat berpeluang mengalami kehilangan. Kebersamaan bersama makhluk juga berpeluang mengalami perpisahan. Hanya cinta kepada Allah yang tidak". (Habiburrahman El Shirazy)

"Cinta bukan melemahkan hati, bukan membawa putus asa, bukan menimbulkan tangis sedu sedan. Tetapi cinta menghidupkan pengharapan, menguatkan hati dalam perjuangan menempuh onak dan duri penghidupan". (Buya Hamka)

"Cintailah kekasihmu sekadarnya saja, siapa tahu nanti akan jadi musuhmu. Dan bencilah musuhmu sekadarnya saja, siapa tahu nanti akan jadi kekasihmu". (Ali bin Abi Thalib)

"Jangan berhenti berdoa untuk yang terbaik bagi orang yang kau cintai". (Ali bin Abi Thalib)

"Jangan mencintai orang yang tidak mencintai Allah. Jika mereka bisa meninggalkan Allah, maka mereka juga akan meninggalkanmu". (Imam Asy Syafi’i)

"Janganlah kalian menikahi wanita karena kecantikannya, karena mungkin saja kecantikannya akan membinasakannya. Dan jangan pula kalian menikahi wanita karena hartanya, karena mungkin saja hartanya akan menjadikannya bersikap sewenang-wenang. Akan tetapi, nikahilah wanita itu karena agamanya". (Ali bin Abi Thalib)

"Kau tidak akan pernah menemukan cinta sejati sampai kau belajar mencintai Allah terlebih dahulu". (Boonaa Mohammed)

"Orang yang suka berkata jujur akan mendapatkan tiga keuntungan, yaitu kepercayaan, cinta, dan rasa hormat". (Ali bin Abi Thalib)

"Pria mengimpikan wanita sempurna. Wanita menginginkan pria sempurna. Mereka tidak tahu bahwa Allah menciptakan mereka untuk menyempurnakan satu sama lain". (Ahmad Alshugairi)

"Tidak ada wanita di belakang seorang pria hebat. Wanita itu ada di sampingnya. Ia ada bersamanya, bukan di belakangnya". (Tariq Ramadan)

Cinta tak pernah meminta untuk menanti. Ia mengambil kesempatan, atau mempersilakan. Yang pertama adalah keberanian, yang kedua adalah pengorbanan". (Salim A. Fillah)

"Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya. Dan sebaik-sebaik kamu adalah orang yang paling baik kepada istrinya". (HR. Abu Hurairah)



• Tentang sabar dan bersyukur

"Hatiku tenang karena mengetahui bahwa apa yang melewatkanku tidak akan pernah menjadi takdirku, dan apa yang ditakdirkan untukku tidak akan pernah melewatkanku". (Umar bin Khattab)

"Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain". (Jalaluddin Rumi)

"Jika kamu mampu bersabar sebentar pada saat dirimu marah, maka hal itu dapat menghindarkanmu dari ribuan penyesalan di masa yang akan datang". (Ali bin Abi Thalib)

"Kesabaran adalah ketika hati tidak merasa marah terhadap apa yang sudah ditakdirkan dan mulut tidak mengeluh". (Ibnu Qayyim)

"Kesabaran itu ada dua macam: Sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini". (Ali Bin Abi Thalib)

"Memang sangat sulit untuk bersabar, tetapi menyia-nyiakan pahala dari kesabaran itulah yang lebih buruk". (Abu Bakar)

"Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (takdir) dari Allah dengan senang hati". (Ali bin Husein)

"Petunjuk tidak bisa dicapai kecuali dengan pengetahuan, dan arah tujuan yang benar tidak bisa dituju kecuali dengan kesabaran". (Ibnu Taimiyah)

"Sabar memiliki dua sisi, sisi yang satu adalah sabar, sisi yang lain adalah bersyukur kepada Allah". (Ibnu Mas'ud)

"Untuk mendapatkan apa yang kamu suka, pertama kamu harus sabar dengan apa yang kamu benci". (Imam Al Ghazali)

"Ketahuilah bahwa rasa syukur merupakan tingkatan tertinggi, dan ini lebih tinggi daripada kesabaran, ketakutan (khauf), dan keterpisahan dari dunia (zuhud)". (Imam al-Ghazali)

Postingan populer dari blog ini

Semua makhluk mendengar azab kubur, kecuali jin dan manusia

Keharusan Taubat dan diterimanya sebelum sekarat

Meminta rahmat-Nya dan meminta setetes dari samudra kasih sayang

Suatu perkara yang amat besar dan mengerikan

Allah akan langsung bertanya dengan seorang hamba tanpa penerjemah

Mahfudzot kata mutiara yang bisa menjadi motivasi

Disambutnya ruh baik dan ruh busuk

Dzikir shalat fardhu

Tentang Su ul khatimah dan hadirnya setan ketika sekarat

Dzikir dzikir pilihan