Terpopuler

Suatu perkara yang amat besar dan mengerikan

Kisahataupunucapanparaulama.blogspot.com   SEMUA MANUSIA AKAN DIGIRING SESUAI AMALNYA Ayat-ayat Al-Qur'an 1). Allah Azza wa Jalla berfirman : يَوْمَ نَحْشُرُ الْمُتَّقِينَ إِلَى الرَّحْمَٰنِ وَفْدًا • وَنَسُوقُ الْمُجْرِمِينَ إِلَىٰ جَهَنَّمَ وِرْدًا   [مريم : 86-85] "(Ingatlah) hari (ketika) kami mengumpulkan orang-orang bertakwa kepada Allahur-Rahman sebagai perutusan terhormat". "Dan kami akan menghalau orang-orang yang durhaka ke neraka Jahanam dalam keadaan dahaga". (S.19;85-86) 2). Allah Swt berfirman : ........... وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّكُمْ إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ    [البقرة : 203] "Dan bertakwalah kamu kepada Allah, dan ketahuilah bahwa sesungguhnya kamu akan digiring kepada-Nya". (S.2;203) 3). وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَالَ وَتَرَى الْأَرْضَ بَارِزَةً وَحَشَرْنَاهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَدًا   [الكهف : 47] "Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan melihat bumi itu datar dan

Bumi dan langit diganti

Kisahataupunucapanparaulama.blogspot.com

Bumi dan langit diganti ?
Keberadaan umat manusia saat bumi dan langit diganti dengan bumi dan langit yang lain.

Para pembaca yang di rahmati Allah Swt, saya akan menyampaikan ataupun menjelaskan dimana kita berada setelah (kematian/hari kiamat) bumi dan langit diganti dengan bumi dan langit yang lain.


Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman :
يَوْمَ تُبَدَّلُ الْأَرْضُ غَيْرَ الْأَرْضِ وَالسَّمَاوَاتُ ۖ وَبَرَزُوا لِلَّهِ الْوَاحِدِ الْقَهَّارِ   [ابراهيم : 48]
"(Yaitu) pada hari (ketika) bumi diganti dengan bumi yang lain dan (demikian pula) langit, dan mereka semuanya (di padang mahsyar) berkumpul menghadap ke hadirat Allah Maha Esa lagi Maha Perkasa" (S.14;48).

Allah Swt, berfirman :
".....padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan-Nya........." (S.39;67).


Dipadang mahsyar ? Apa itu padang mahsyar ?
Padang mahsyar atau Yaumul Hasyr adalah tempat berkumpulnya semua manusia, dari zaman Nabi Adam As , hingga umat nabi muhammad yang hidup terakhir kali. Padang mahsyar dijelaskan sebagai tempat yang dimana tanahnya datar dan berwarna putih yang tidak Sedikitpun dikenali manusia.


Diriwayatkan bahwa :
"Rasulullah Saw. Pernah ditanya tentang dimanakah manusia saat bumi diganti dengan bumi yang lain, begitu juga langit ?. Beliau menjawab : mereka di Shirat" (diriwayatkan oleh tirmidzi)

"Sayyidah Aisyah ra bercerita bahwa : Rasulullah Saw ,pernah ditanya : dimanakah umat manusia pada saat bumi diganti dengan bumi yang lain, begitu juga langit ?. Rasulullah Saw.  Menjawab : mereka berada dalam lapisan kegelapan di depan shirat" (diriwayatkan oleh muslim)


Apa itu shirat ?, Shirat adalah titian yang terbentang diatas permukaan neraka jahannam yang sangat licin, gelap, memiliki kaitan, cakar dan duri. Shirat terdapat beberapa ciri atau sifat dan bentuk yaitu licin (lagi) mengelincirkan diatasnya ada besi-besi pengait dan kawat berduri yang ujungnya bengkok, ia bagaikan pohon berduri.

Itulah penjelasan Keberadaan umat manusia saat bumi dan langit diganti dengan bumi dan langit yang lain.
Wallahualam bishawab, hanya Allah yang lebih mengetahui kebenaran yang sesungguhnya.
Sebagai makhluk ciptaan Allah sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk mengimani dan meyakini akan datangnya hari tersebut yaitu (hari kiamat).
Semoga ini bermanfaat.

Postingan populer dari blog ini

Semua makhluk mendengar azab kubur, kecuali jin dan manusia

Keharusan Taubat dan diterimanya sebelum sekarat

Meminta rahmat-Nya dan meminta setetes dari samudra kasih sayang

Suatu perkara yang amat besar dan mengerikan

Allah akan langsung bertanya dengan seorang hamba tanpa penerjemah

Mahfudzot kata mutiara yang bisa menjadi motivasi

Disambutnya ruh baik dan ruh busuk

Dzikir shalat fardhu

Tentang Su ul khatimah dan hadirnya setan ketika sekarat

Dzikir dzikir pilihan