Terpopuler

Suatu perkara yang amat besar dan mengerikan

Kisahataupunucapanparaulama.blogspot.com   SEMUA MANUSIA AKAN DIGIRING SESUAI AMALNYA Ayat-ayat Al-Qur'an 1). Allah Azza wa Jalla berfirman : يَوْمَ نَحْشُرُ الْمُتَّقِينَ إِلَى الرَّحْمَٰنِ وَفْدًا • وَنَسُوقُ الْمُجْرِمِينَ إِلَىٰ جَهَنَّمَ وِرْدًا   [مريم : 86-85] "(Ingatlah) hari (ketika) kami mengumpulkan orang-orang bertakwa kepada Allahur-Rahman sebagai perutusan terhormat". "Dan kami akan menghalau orang-orang yang durhaka ke neraka Jahanam dalam keadaan dahaga". (S.19;85-86) 2). Allah Swt berfirman : ........... وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّكُمْ إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ    [البقرة : 203] "Dan bertakwalah kamu kepada Allah, dan ketahuilah bahwa sesungguhnya kamu akan digiring kepada-Nya". (S.2;203) 3). وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَالَ وَتَرَى الْأَرْضَ بَارِزَةً وَحَشَرْنَاهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَدًا   [الكهف : 47] "Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan melihat bumi itu datar dan

Cara islam ke indonesia


kisahataupunucapanparaulama.blogspot.com


Masuk dan berkembangnya agama islam di indonesia tidak terlepas dari peranan para pedagang,khususnya para pedagang islam dari gujarat dan persia. Dari interaksi para pedagang islam ini dengan penduduk setempat, agama islam kemudian berkembang. Mula-mula hanya sekelompok orang kemudian berkembang menjadi sebuah perkampungan,desa, dan sebuah kerajaan.

Kerajan samudra pasai adalah kerajaan islam pertama di indonesia. Saai itu, pasai menjadi pusat perdagangan yang banyak disinggahi para pedagang dari berbagai negara. Namun,  peranan pasai menurun setelah berkembangnya pelabuhan malaka di semenanjung malaya. Pada abad ke-14, malaka telah tumbuh menjadi pusat perdagangan terbesar di asia tenggara. Para pedagang dari berbagai negara termasuk para pedagang islam dari gujarat dan persia menjadikan malaka sebagai basis untuk juga mengunjungi daerah-daerah di indonesia. Demikian pula,para pedagang dari berbagai daerah di indonesia seperti para pedagang jawa juga menjadikan malaka sebagai tempat mereka berdagang. Dari interaksi para pedagang islam dengan orang-orang jawa, islam kemudian berkembang pula di pulau jawa.

Perkembangan islam di pulau jawa relatif cepat seiring dengan semakin lemahnya kerajaan majapahit. Komunitas islam di jawa kemudian mendirikan kerajaan islam pertama di pulau jawa, yakni kerajaan Demak. Dalam perkembangannya, kerajaan demak tumbuh menjadi pusat penyebaran agama islam ke berbagai daerah di indonesia, seperti ke maluku, sulawesi, dan kalimantan. Islam kemudian berkembang ke seluruh indonesia dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat indonesia.


 Masuknya islam di indonesia pada umumnya berjalan damai. akan tetapi,ada kalanya penyebaran harus diwarnai dengan cara-cara penaklukan.Hal itu terjadi jika situasi politik dikerajaan-kerajaan itu mengalami kekacauan akibat perebutan kekuasaan.secara umum, islam masuk ke indonesia dengan cara-cara berikut ini.


1.Perdagangan

Masuknya islam ke indonesia melalui perdagangan terjadi pada tahap awal,yaitu sejalan dengan ramainya lalu lintas perdagangan laut pada abad ke-7M hingga abad ke-16M. Pada masa itu, pedagang muslim yang berdagang ke indonesia makin banyak sehingga akhirnya membentuk pemukiman yang disebut pekojan. Dari tempat ini, mereka berinteraksi dan berasimilasi dengan masyarakat asli seraya menyebarkan agama islam.


2.Perkawinan

Para pedagang islam yag datang ke indonesia banyak yang menikah dengan wanita pribumi. Sebelum perkawinan berlangsung, wanita-wanita pribumi yang beragama islam diminta mengucapkan syahadat sebagai tanda menerima islam sebagai agamanya. Melalui proses seperti ini, kelompok mereka makin besar dan lambat laun berkembang dari komunitas kecil menjadi kerajaan-kerajaan islam.


3.Pendidikan

Penyebaran islam melalui pendidikan, dilakukan melalui pesantren-pesantren, khususnya oleh para kiai. Semakin terkenal kiai yang mengajar disebuah pesantren itu, semakin besar pula pengaruh pesantren tersebut ditengah masyarakat. Beberapa pesantren yang terkenal diantaranya adalah pesantren Ampel denta, milik sunan Ampel dan pesantren sunan Giri milik sunan Giri, yang kebanyakan muridnya berasal dari maluku. Disamping mengajar dipesantren-pesantren, para kiai juga sering kali menjadi penasihat para raja atau bangsawan.


4.Tasawuf

Tasawuf adalah ajaran atau cara untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Tasawuf lebih memudahkan orang yang telah mempunyai dasar ketuhanan lain untuk mengerti dan menerima ajaran islam. Ajaran tasawuf ini banyak dijumpai dalam cerita-cerita babad dan hikayat masyarakat setempat. Beberapa tokoh penyebar tasawuf yang terkenal adalah Hamzah fansuri, Syamsudin, Syekh abdul shamad, dan Nuruddin ar-raniri.


5.Kesenian

Penyebaran agama islam di indonesia terlihat pula dalam kesenian islam, seperti peninggalan seni bangunan, seni pahat, seni musik, dan seni sastra.  Hasil-hasil seni ini dapat pula dilihat pada bangunan masjid-masjid kuno di demak, cirebon, banten, dan aceh.


  Kerajaan-kerajaan islam di indonesia

  1. Kerajaan samudra pasai merupakan kerajaan islam pertama diindonesia. Terletak dipesisir timur laut aceh, kerajaan ini didirikan oleh meurah khair atau maharaja mahmud syah pada abad ke-11M. kerajaan samudra pasai mulai mengalami kemunduran dengan munculnya kerajaan malaka dan kerajaan aceh darussalam, serta datangnya bangsa portugis yang berniat menguasai kerajaan samudra pasai.
  2. Kerajaan malaka terletak ditepi semenanjung malaya. Letaknya yang strategis ditengah-tengah jalur perdagangan internasional, menjadikannya segera tumbuh menjadi sebuah kerajaan besar. Kerajaan malaka mengalami kemunduran ketika alfonso d'albuquerque bersama armada perang portugis akhirnya menaklukannya tahun 1511M.
  3. Kerajaan aceh darussalam terletak didaerah hulu pulau sumatera, diujung pantai aceh yang disebut dengan aceh besar.pengaruh agama islam sangat kuat menjelma dalam kehidupan masyarakat aceh. Ulama dan syariat islam merupakan penuntun. Kerajaan aceh darussalam baru redup setelah ditaklukan belanda pada abad ke-20M.
  4. Kerajaan demak merupakan kerajaan islam pertama dipulau jawa. Didirikan oleh Raden fatah pada abad ke-16M, kerajaan demak terletak dikota demak, didekat semarang, jawa tengah. Kerajaan demak terkenal dengan para penyebar agama islam yang disebut wali songo.
  5. Kerajaan banten terletak diujung barat pulau jawa. Wilayah kekuasaan kerajaan banten meliputi bagian barat jawa dan lampung. Peletak dasar kerajaan demak adalah sunan gunung jati. Pelabuhan banten merupakan pusat perdagangan utama dikerajaan banten. Kebesaran nama kerajaan banten mulai meredup ketika belanda menguasai wilayah kerajaan islam ini.
  6. Kerajaan mataram terletak dikotagede, sebuah kota didekat yogyakarta saat ini. Pendiri kerajaan mataram adalah sutawijaya atau yang lebih dikenal dengan penembahan senopati.  Kerajaan mataram dikenal karena upayanya yang gigih dalam melawan belanda pada tahun 1628 dan 1629.
  7. Kerajaan gowa dan tallo adalah dua kerajaan islam yang terletak disulawesi selatan, dan dikenal sebagai kerajaan makassar. Kerajaan gowa dan tallo merupakan kerajaan maritim yang sangat disegani. Kapal-kapal seperti pinisi, lambo, dan padewalang mampu mengarungi perairan indonesia dan bahkan hingga ke perairan india dan cina.
  8. Kerajaan ternate dan tidore terletak disebelah barat pulau halmahera, maluku utara. Kerajaan ternate dan tidore merupakan penghasil rempah-rempah yang banyak diburu para pedagang asing, seperti bangsa belanda dan portugis. Karena peran ekonominya inilah kerajaan ternate dan tidore menjadi incaran penaklukan bangsa asing.

 

Postingan populer dari blog ini

Semua makhluk mendengar azab kubur, kecuali jin dan manusia

Keharusan Taubat dan diterimanya sebelum sekarat

Meminta rahmat-Nya dan meminta setetes dari samudra kasih sayang

Suatu perkara yang amat besar dan mengerikan

Allah akan langsung bertanya dengan seorang hamba tanpa penerjemah

Mahfudzot kata mutiara yang bisa menjadi motivasi

Disambutnya ruh baik dan ruh busuk

Dzikir shalat fardhu

Tentang Su ul khatimah dan hadirnya setan ketika sekarat

Dzikir dzikir pilihan