Terpopuler

Suatu perkara yang amat besar dan mengerikan

Kisahataupunucapanparaulama.blogspot.com   SEMUA MANUSIA AKAN DIGIRING SESUAI AMALNYA Ayat-ayat Al-Qur'an 1). Allah Azza wa Jalla berfirman : يَوْمَ نَحْشُرُ الْمُتَّقِينَ إِلَى الرَّحْمَٰنِ وَفْدًا • وَنَسُوقُ الْمُجْرِمِينَ إِلَىٰ جَهَنَّمَ وِرْدًا   [مريم : 86-85] "(Ingatlah) hari (ketika) kami mengumpulkan orang-orang bertakwa kepada Allahur-Rahman sebagai perutusan terhormat". "Dan kami akan menghalau orang-orang yang durhaka ke neraka Jahanam dalam keadaan dahaga". (S.19;85-86) 2). Allah Swt berfirman : ........... وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّكُمْ إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ    [البقرة : 203] "Dan bertakwalah kamu kepada Allah, dan ketahuilah bahwa sesungguhnya kamu akan digiring kepada-Nya". (S.2;203) 3). وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَالَ وَتَرَى الْأَرْضَ بَارِزَةً وَحَشَرْنَاهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَدًا   [الكهف : 47] "Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan melihat bumi itu datar dan

Meminta rahmat-Nya dan meminta setetes dari samudra kasih sayang

Kisahataupunucapanparaulama.blogspot.com



imam tsabit al bannaniy rahimahullah bercerita sebagai berikut :

Aku mempunyai tetangga seorang pemuda tampan. Saat diambang kematian, ibunya yang setia menungguinnya berkata dengan penuh cemas : 

Wahai putraku tercinta, dahulu ibu sudah memperingatkanmu, namun engkau tidak mau dengar! Sekarang keadaanmu seperti ini ! .

Pemuda itu menyahut dengan nafas yang tersengal :

Wahai ibu ! Yang sudah berlalu, biarlah ! Bukankah Rabb kita memiliki rahmat dan kebijakan yang tiada terhingga ?. Hari ini putramu berharap kiranya Dia berkenan menganugrahkan kepada putramu ini setetes dari samudera kasih sayang dan kebijakan-Nya itu !.


Tsabit al bannaniy lantas berkata :

"Dengan husnuzhzhannya kepada Allah tersebut, Allah akan mengkucuri kepadanya rahmat kasih sayang !".


Imam mu'tamir rahimahullah bercerita :

" Tatkala ayahku dalam sekarat,  ia berpesan : wahai putraku, sampaikanlah kepadaku berbagai rukhsah yang mengandung harapan, agar aku menghadap Allah dalam keadaan berhusnuzhzhan kepada-Nya.

 Amr bin dzar rahimahullah terkenal sebagai seorang yang banyak takut kepada Allah menjelang kematiannya, ia menjadi banyak berharap kepada Allah 'Azza wa jalla. Dihadapan imam abu Hanifah dan ibnu abu dawud yang menjenguknya ia berkata :

Wahai rabbiy ... Kau siksakah diriku yang memiliki iman dan tahuid ?. Semoga Engkau tidak melakukan hal itu !.

Lalu tuturnya : ya allah ampunilah aku yang bergelimang dosa, yang menjadi seperti para tukang sihir Fir'aun dimana mereka Engkau ampuni lantaran mereka mengatakan : kami beriman kepada Rabb alam semesta !.

Maka abu hanifah menukas : Cerita itu tidak akan pernah terdengar lagi setelah ini, hai saudaraku 'amr !. Semoga Allah mengkucuri rahmat kepadamu !.


Allah Swt. Telah mengajari kita selaku mukmin dengan sekuntum do'a agar kita tidak bergeser dari hidayah dan keimanan.

Allah Swt berfirman :

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ  [آل عمران : 8]

(Mereka berdo'a) : "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah maha pemberi (karunia)"(S.3;8).



  • Mohon maaf, bila ada kesalahan dalam menyampaikan ataupun kata-katanya, karna saya sebagai manusia tak luput dari kesalahan. Terima kasih

Postingan populer dari blog ini

Semua makhluk mendengar azab kubur, kecuali jin dan manusia

Keharusan Taubat dan diterimanya sebelum sekarat

Suatu perkara yang amat besar dan mengerikan

Allah akan langsung bertanya dengan seorang hamba tanpa penerjemah

Mahfudzot kata mutiara yang bisa menjadi motivasi

Disambutnya ruh baik dan ruh busuk

Dzikir shalat fardhu

Tentang Su ul khatimah dan hadirnya setan ketika sekarat

Dzikir dzikir pilihan