Terpopuler

Suatu perkara yang amat besar dan mengerikan

Kisahataupunucapanparaulama.blogspot.com   SEMUA MANUSIA AKAN DIGIRING SESUAI AMALNYA Ayat-ayat Al-Qur'an 1). Allah Azza wa Jalla berfirman : يَوْمَ نَحْشُرُ الْمُتَّقِينَ إِلَى الرَّحْمَٰنِ وَفْدًا • وَنَسُوقُ الْمُجْرِمِينَ إِلَىٰ جَهَنَّمَ وِرْدًا   [مريم : 86-85] "(Ingatlah) hari (ketika) kami mengumpulkan orang-orang bertakwa kepada Allahur-Rahman sebagai perutusan terhormat". "Dan kami akan menghalau orang-orang yang durhaka ke neraka Jahanam dalam keadaan dahaga". (S.19;85-86) 2). Allah Swt berfirman : ........... وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّكُمْ إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ    [البقرة : 203] "Dan bertakwalah kamu kepada Allah, dan ketahuilah bahwa sesungguhnya kamu akan digiring kepada-Nya". (S.2;203) 3). وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَالَ وَتَرَى الْأَرْضَ بَارِزَةً وَحَشَرْنَاهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَدًا   [الكهف : 47] "Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan melihat bumi itu datar dan

Pertanggung jawaban dan amal yang pertama kali dihisab


Kisahataupunucapanparaulama.blogspot.com


Allah Azza wa jalla berfirman :

..................وَسَوْفَ تُسْأَلُونَ  [الزخرف : 44]

"..........................,Dan kelak kamu akan diminta pertanggung jawaban" (S.43;44).


..................وَلَتُسْأَلُنَّ عَمَّا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ  [النحل : 93]

"............................,Dan sesungguhnya kamu akan ditanya tentang apa yang telah kamu kerjakan" (S.16;93).



Ada sebuah hadits menyebutkan :

"Yang pertama kali dilihat dari amal seorang hamba adalah shalat. Bila amalnya di terima, maka amal yang lain diperiksa, sedangkan apabila ditolak, maka amal lain tidak dilihat".(Disebutkan oleh imam Al-Qurthubiy)


Abu Hurairah ra bercerita : aku mendengar Rasulullah Shallallah 'Alaihi wa Sallam bersabda :

Orang yang pertama kali diadili pada hari kiamat ialah seorang syuhada gadungan (yang berjihad bukan karena Allah). Setelah ia dihadirkan,diperlihatkan kepadanya berbagai nikmat yag akan diperolehnya sehingga ia mengetahuinya.

Ia ditanya : apa yang kau perbuat didunia ?.

Ia menjawab : aku telah berjuang untuk Engkau ya Allah hingga aku mati syahid.

Allah menjawab : engkau bohong. kau berperang bukan karena Aku tetapi agar engkau disebut pemberani, dan sebutan itu telah engkau peroleh didunia. Sekarang bagianmu adalah neraka. Maka ia diseret ke neraka.


Lalu sipencari ilmu dan yang mengajarkannya serta qari (sipembaca Al-Qur'an) yang bukan kerena Allah. Setelah ia dihadirkan, diperlihatkanlah kepadanya aneka ragam nikmat yang akan diraihnya sehingga ia mengetahuinya.

Ia ditanya : Apa amalmu didunia ?. 

Ia menyahut : -Aku telah mencari ilmu dan mengajarkannya kepada orang lain serta membaca Al-Qur'an demi Engkau !.

Allah menjawab : Bohong. Kau belajar bukan karena Aku melainkan supaya dikenal sebagai orang pintar, dan kau membaca Al-Qur'an agar mendapat titel Qari. Gelar itu telah engkau dapatkan didunia. Akhirnya ia dilempar ke neraka.


Yang ketiga ialah seorang yang dianugrahi kekayaan oleh Allah. Sesudah ia dihadirkan, diperlihatkanlah kepadanya beragam kesenangan yang akan dinikmatinya, sehingga ia mengetahuinya.

Ia ditanya : apa amalmu didunia ?.

Ia menyahut : aku telah mengorbankan hartaku sampai habis pada jalan-Mu sesuai yang Engkau anjurkan, karena mencari ridha-Mu.

Allah menjawab : engkau bohong. Kau berinfaq supaya engkau dikenal sebagai seorang dermawan. Dan panggilan itu telah kau peroleh didunia. Sekarang bagianmu adalah neraka. Maka ia pun dimasukan ke neraka !.




Wallahu a'lam bishawab, Hanya Allah yang lebih mengetahui kebenaran yang sesungguhnya.


Postingan populer dari blog ini

Semua makhluk mendengar azab kubur, kecuali jin dan manusia

Keharusan Taubat dan diterimanya sebelum sekarat

Meminta rahmat-Nya dan meminta setetes dari samudra kasih sayang

Suatu perkara yang amat besar dan mengerikan

Allah akan langsung bertanya dengan seorang hamba tanpa penerjemah

Mahfudzot kata mutiara yang bisa menjadi motivasi

Disambutnya ruh baik dan ruh busuk

Dzikir shalat fardhu

Tentang Su ul khatimah dan hadirnya setan ketika sekarat

Dzikir dzikir pilihan