Terpopuler

Suatu perkara yang amat besar dan mengerikan

Kisahataupunucapanparaulama.blogspot.com   SEMUA MANUSIA AKAN DIGIRING SESUAI AMALNYA Ayat-ayat Al-Qur'an 1). Allah Azza wa Jalla berfirman : يَوْمَ نَحْشُرُ الْمُتَّقِينَ إِلَى الرَّحْمَٰنِ وَفْدًا • وَنَسُوقُ الْمُجْرِمِينَ إِلَىٰ جَهَنَّمَ وِرْدًا   [مريم : 86-85] "(Ingatlah) hari (ketika) kami mengumpulkan orang-orang bertakwa kepada Allahur-Rahman sebagai perutusan terhormat". "Dan kami akan menghalau orang-orang yang durhaka ke neraka Jahanam dalam keadaan dahaga". (S.19;85-86) 2). Allah Swt berfirman : ........... وَاتَّقُوا اللَّهَ وَاعْلَمُوا أَنَّكُمْ إِلَيْهِ تُحْشَرُونَ    [البقرة : 203] "Dan bertakwalah kamu kepada Allah, dan ketahuilah bahwa sesungguhnya kamu akan digiring kepada-Nya". (S.2;203) 3). وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَالَ وَتَرَى الْأَرْضَ بَارِزَةً وَحَشَرْنَاهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَدًا   [الكهف : 47] "Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan melihat bumi itu datar dan

ditanya dan bersaksi menyampaikan risalah


Kisahataupunucapanparaulama.blogspot.com




Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman :

فَلَنَسْأَلَنَّ الَّذِينَ أُرْسِلَ إِلَيْهِمْ وَلَنَسْأَلَنَّ الْمُرْسَلِينَ  [الأعراف : 6]
"Maka seaungguhnya kami akan menanyai umat-umat yang telah di utus kepada mereka rasul-rasul dan sesungguhnya kami akan menanyai (pula) para rasul (kami) " (S.7;6).

فَوَرَبِّكَ لَنَسْأَلَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ  [الحجر : 92]
"Maka demi Rabbmu, kami pasti akan menanyai mereka semua" (S.15;92).


يَوْمَ يَجْمَعُ اللَّهُ الرُّسُلَ فَيَقُولُ مَاذَا أُجِبْتُمْ ۖ قَالُوا لَا عِلْمَ لَنَا ۖ إِنَّكَ أَنتَ عَلَّامُ الْغُيُوبِ   [المائدة : 109]
"(Ingatlah), hari di waktu Allah mengumpulkan para rasul, lalu Allah bertanya (kepada mereka) : apa jawaban kaummu terhadap (seruan)-mu ? . Para rasul menjawab : - tidak ada pengetahuan kami (tentang itu) . Sesungguhnya Engkau-lah yang mengetahui perkara yang ghaib" (S.5;109).


وَكَذَٰلِكَ جَعَلْنَاكُمْ أُمَّةً وَسَطًا لِّتَكُونُوا شُهَدَاءَ عَلَى النَّاسِ وَيَكُونَ الرَّسُولُ عَلَيْكُمْ شَهِيدًا..........[البقرة : 143]
"Dan demikian (pula) kami telah menjadikan kamu (umat islam), umat yang adil dan pilihan agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia agar rasul (muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu ............" (S.2;143).





Ibnu majah meriwayatkan secara marfu' sebagai berikut :
"Pada hari kiamat akan datang seorang nabi bersama seorang laki-laki,dan akan datang seorang nabi bersama dua orang laki-laki, juga akan datang seorang nabi bersamatiga orang laki-laki serta ada yang datang bersama laki-laki yang kebih banyak dari itu. 
Masing-masing ditanya : apakah engkau telah menunaikan tugas menyampaikan risalah ?.
Ia menjawab : yah, sudah. Lalu kaumnya dipanggil dan ditanya apakah nabinya telah menyampaikan risalah(berdakwah) kepadanya ?.
Mereka menjawab : belum.
Kemudian nabi itu dipaggil : siapa saksimu ?. 
Nabi itu menjawab : saksiku adalah muhammad sebagai penutup para nabi dan umatnya !. Maka umat nabi muhammad Saw, pum di panggil.
"Apakah nabi ini telah menyampaikan risalahnya ?", Mereka ditanya.
Mereka menjawab : yah. Ia telah menyampaikan risalahnya.
Mereka ditaya lagi : dari mana kamu tahu ?.  "Nabi kami, muhammad telah memberitakan hal itu.
Maka ucapan merekapun dibenerkan.


Para ulama berkata :
"Apabila umat-umat dihadirkan bersama para rasul mereka dan ditanyai : apa jawaban kalian terhadap para rasul, sementara para rasul itupun ditanya : apa reaksi mereka terhadap kalian, maka para rasul menjawab : tidak ada pengetahuan bagi kami ( tentang itu). Sesungguhnya engkaulah yang mengetahui perkara yang ghaib !
Setelah itu masing-masing dari mereka dipanggil untuk dihisab dengan tanpa dilihat oleh yang lain .....".





Wallahu a'lam bishawab, Hanya Allah yang lebih mengetahui kebenaran yang sesungguhnya.

Postingan populer dari blog ini

Semua makhluk mendengar azab kubur, kecuali jin dan manusia

Keharusan Taubat dan diterimanya sebelum sekarat

Meminta rahmat-Nya dan meminta setetes dari samudra kasih sayang

Allah akan langsung bertanya dengan seorang hamba tanpa penerjemah

Suatu perkara yang amat besar dan mengerikan

Mahfudzot kata mutiara yang bisa menjadi motivasi

Dzikir dzikir pilihan

Disambutnya ruh baik dan ruh busuk

Dzikir shalat fardhu

Tentang Su ul khatimah dan hadirnya setan ketika sekarat